Home » , , , » Penguatan Profil Pelajar Pancasila - "Gotong Royong" Operasi Semut Di Taman Belajar PELTIM

Penguatan Profil Pelajar Pancasila - "Gotong Royong" Operasi Semut Di Taman Belajar PELTIM

Oleh: "SDN 22 MENTOK" | ðĩ𝑒𝓇ð’Ŋ𝐞𝑀𝒜ðŧ
Kesadaran lingkungan harus menjadi bagian terpenting dari tujuan pendidikan. Apalagi amanat kurikulum merdeka sejak tahun 2022 memberikan penguatan pada Profil Pelajar Pancasila, diantaranya kepekaan lingkungan, yaitu pendidikan yang mampu membangun insan-insan pendidikan yang memiliki karakter dan kesadaran tentang alam/lingkungannya.

Sedangkan, salah satu wujud pelajar yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan adalah pelajar yang dapat mengaktualisasikan diri dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.

Taman Belajar Peltim adalah bagian dari lingkungan yang dimanfaatkan oleh guru dan siswa SD Negeri 22 Muntok sebagai tempat dan sumber belajar sehingga, guru dan siswa merasa perlu memiliki kepedulian dalam menjaga kebersihannya.

Dari kegiatan yang diagendakan setiap bulannya ini diharapkan dapat menjadi sumber pembelajaran dan penguatan Profil Pelajar Pancasila terutama Gotong Royong dalam memiliki kesadaran dan kepedulian bersama terhadap lingkungan. Karakteristik profil pelajar Pancasila pada dimensi karakter gotong royong adalah kemampuan untuk melakukan aktivitas dengan asas kebersamaan. 

Dengan karakteristik gotong royong dari kegiatan ini, diharapkan menjadi sebagai sumber pembelajaran dan pembiasan positif bagi peserta didik yaitu menumbuhkan sikap kolaborasi, peduli dan berbagi, yang tentunya sangat selaras dengan nilai-nilai Pancasila yang luhur. 

1. Kolaborasi
Harapan dari kegiatan ini diharapkan peserta didik SD Negeri 22 Muntok menumbuhkan perasaan senang untuk bekerja sama, mengunggulkan team work, serta memiliki sifat positif terhadap perbedaan, keunikan, orang lain.

Sikap kolaborasi yang dimiliki peserta didik diharapkan dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan tanpa adanya iri dengki, persaingan yang negatif, serta menjauhkan dari sikap individualisme yang kurang baik.

2. Kepedulian
Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik memiliki rasa kepedulian yang tinggi sehingga dapat memberikan rasa empati terhadap sesama, bertindak proaktif pada kondisi maupun keadaan di lingkungan fisik sosial.

3. Berbagi
Selanjutnya, dari kegiatan ini diharapkan peserta didik memiliki sikap sosial yang tinggi. Dengan bekerja sama, diharapkan peserta didik mampu menjalani kehidupan sosial bersama, menggunakan sumber daya dan ruang dalam masyarakat secara baik, juga mengedepankan kepentingan bersama. @

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

꧁ð“Īð“·ð“―ð“ūð“ī ð“īð“Ūð“ķ𝓊ð“ģð“ū𝓊𝓷 𝓭𝓊𝓷 ð“đð“Ū𝓷𝓰ð“Ūð“ķð“Ŧ𝓊𝓷𝓰𝓊𝓷 𝓞ð“Ūð“īð“ļð“ĩð“Šð“ą 𝔂𝓊𝓷𝓰 ð“ĩð“Ūð“Ŧð“ēð“ą ð“Ŧ𝓊ð“ēð“ī, ð“žð“Šð“·ð“°ð“Šð“― 𝓭ð“ēð“ąð“Šð“ŧ𝓊ð“đð“ī𝓊𝓷 𝓞𝓊ð“ŧ𝓊𝓷 𝓭𝓊𝓷 ð“ķ𝓊𝓞ð“ūð“ī𝓊𝓷 𝔂𝓊𝓷𝓰 ð“ķð“Ūð“ķð“Ŧ𝓊𝓷𝓰ð“ū𝓷. ð“Ģð“Ūð“ŧð“ēð“ķ𝓊ð“ī𝓊𝓞ð“ēð“ą꧂

PORTAL INFORMASI BANGKA BARAT

isri isri
 

GALLERY VIDEO

TENAGA PENGAJAR

PRAMUKA KA. UPTD MUNTOK PRESTASI EBS RAMADHAN CATUR CATUR SERAH TERIMA SERAH TERIMA SERAH TERIMA SERAH TERIMA SERAH TERIMA SERAH TERIMA

PENGUNJUNG

Flag Counter

FACEBOOK KAMI

LOKASI

Support : BerTIMAH = Berkarakter | Religius | Tertib | Inovatif | Ramah
Copyright © 2023. SD Negeri 22 Mentok - All Rights Reserved
Template Modify by Isriyanto, S.Pd.SD Inspired Love for Blog
Proudly powered by Blogger