Kesadaran lingkungan harus menjadi bagian terpenting dari tujuan pendidikan. Apalagi amanat kurikulum merdeka sejak tahun 2022 memberikan penguatan pada Profil Pelajar Pancasila, diantaranya kepekaan lingkungan, yaitu pendidikan yang mampu membangun insan-insan pendidikan yang memiliki karakter dan kesadaran tentang alam/lingkungannya.
Sedangkan, salah satu wujud pelajar yang memiliki kepekaan terhadap lingkungan adalah pelajar yang dapat mengaktualisasikan diri dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.
Taman Belajar Peltim adalah bagian dari lingkungan yang dimanfaatkan oleh guru dan siswa SD Negeri 22 Muntok sebagai tempat dan sumber belajar sehingga, guru dan siswa merasa perlu memiliki kepedulian dalam menjaga kebersihannya.
Dari kegiatan yang diagendakan setiap bulannya ini diharapkan dapat menjadi sumber pembelajaran dan penguatan Profil Pelajar Pancasila terutama Gotong Royong dalam memiliki kesadaran dan kepedulian bersama terhadap lingkungan. Karakteristik profil pelajar Pancasila pada dimensi karakter gotong royong adalah kemampuan untuk melakukan aktivitas dengan asas kebersamaan.
Dengan karakteristik gotong royong dari kegiatan ini, diharapkan menjadi sebagai sumber pembelajaran dan pembiasan positif bagi peserta didik yaitu menumbuhkan sikap kolaborasi, peduli dan berbagi, yang tentunya sangat selaras dengan nilai-nilai Pancasila yang luhur.
1. Kolaborasi
Harapan dari kegiatan ini diharapkan peserta didik SD Negeri 22 Muntok menumbuhkan perasaan senang untuk bekerja sama, mengunggulkan team work, serta memiliki sifat positif terhadap perbedaan, keunikan, orang lain.
Sikap kolaborasi yang dimiliki peserta didik diharapkan dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan tanpa adanya iri dengki, persaingan yang negatif, serta menjauhkan dari sikap individualisme yang kurang baik.
2. Kepedulian
Dari kegiatan ini diharapkan peserta didik memiliki rasa kepedulian yang tinggi sehingga dapat memberikan rasa empati terhadap sesama, bertindak proaktif pada kondisi maupun keadaan di lingkungan fisik sosial.
3. Berbagi
Selanjutnya, dari kegiatan ini diharapkan peserta didik memiliki sikap sosial yang tinggi. Dengan bekerja sama, diharapkan peserta didik mampu menjalani kehidupan sosial bersama, menggunakan sumber daya dan ruang dalam masyarakat secara baik, juga mengedepankan kepentingan bersama. @
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
꧁ðĪð·ð―ðūðī ðīðŪðķðŠðģðūðŠð· ððŠð· ðđðŪð·ð°ðŪðķðŦðŠð·ð°ðŠð· ðžðŪðīðļðĩðŠðą ððŠð·ð° ðĩðŪðŦðēðą ðŦðŠðēðī, ðžðŠð·ð°ðŠð― ððēðąðŠðŧðŠðđðīðŠð· ðžðŠðŧðŠð· ððŠð· ðķðŠðžðūðīðŠð· ððŠð·ð° ðķðŪðķðŦðŠð·ð°ðūð·. ðĢðŪðŧðēðķðŠðīðŠðžðēðą꧂